Perawatan wajah berjerawat dengan TOHB

Hmm, siapa yang tak ingin memiliki wajah seperti para artis terkenal? Mulus. Halus. Bebas Jerawat. Ternyata semua itu tidak didapatkan dengan hanya berdiam diri atau langsung dianugerahkan dari yang Kuasa. Ya, semua itu memerlukan usaha alias perawatan seperti layaknya kita merawat bagian tubuh kita yang lainnya. Nah, Sahabat Hiperbarik kita di bahasan kali ini akan mengulas peran Terapi Oksigen Hiperbarik dalam menuntaskan problem wajah yang berjerawat. Bagaimana TOHB memerangi jerawat anda? Let’s check it out.

JERAWAT (ACNE VULGARIS)

Jerawat atau bahasa medisnya disebut dengan Acne Vulgaris adalah suatu penyakit yang biasa / sering kita jumpai terutama pada mereka dengan usia remaja. Acne merupakan suatu kondisi kulit yang terjadi ketika kantong kelenjar (folikel) rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit yang sudah mati. Acne sering muncul pada wajah, leher, dada, punggung, dan pundak anda. Tergantung dari berat ringannya, proses kesembuhan acne bisa menjadikan penderitanya stres karena lama waktu yang diperlukan untuk kulit sembuh sempurna. Kabar baiknya adalah terapinya yang efektif sudah banyak tersedia.

SIAPA YANG MENDERITA ACNE?

Jika anda adalah seorang pendrita acne, maka percayalah bahwa  anda bukanlah satu-satunya. Menurut data statistik Acne merupakan penyakit yang umum dijumpai. Kelompok terbanyak ada pada usia remaja dan dewasa muda namun Acne dapat terjadi pada semua umur. Bayi pun dapat menderita Acne. Laki-laki juga perempuan juga tidak terhindarkan dari Acne. Pada kaum perempuan biasanya Acne akan mengenai mereka di rentang usia pertengahan.

PENYEBAB ACNE

Seperti sudah disinggung pada definisi diatas, Acne terjadi akibat sumbatan yang diawali oleh penumpukan sel kulit mati, produksi kelenjar minyak yang terus terjadi akan melekatkan sel-sel yang mati tadi satu sama lain dalam pori-pori sehingga mereka terjebak dalam pori-pori tersebut. Terkadang bakteri yang hidup normal pada kulit kita (Propionibacterium acnes) turut masuk ke dalam pori yang tersumbat tadi, di dalam pori ini bakteri ini menemukan tempat terbaiknya untuk bertumbuh dengan amat cepat. Dengan jumlah bakteri yang banyak sekali di dalam ori tadi maka pori-pori akan menjadi meradang. Bila proses peradangan hingga ke kulit lapisan yang lebih dalam maka akan muncul semacam kista (acne cyst) atau nodul.

GEJALA ACNE

Acne dapat menimbulkan gejala lebih dari hanya sekadar kemerahan kecil di kulit. Secara garis besar Acne dapat dibagi dua:
– Acne tanpa disertai peradangan

Acne jenis ini kita kenal dengan sebutan Komedo. Terdapat dua jenis komedo: (a) tipe Blackhead, istilah ini menunjukkan komedo yang terbuka di permukaan kulit dan disebut hitam karena sumbatan pada pori-pori yang berwarna gelap karena folikel rambut, (b) tipe Whitehead, ini adalah komedo tertutup.
– Acne dengan peradangan
Acne pada keompok ini terdiri dari beberapa jenis:

  • Papul, ia seperti tonjolan kecil pada permukaan kulit, berwarna merah dan sedikit nyeri saat disentuh.
  • Pustul, ciri-cirinya kemerahan, juga nyeri saat disentuh dan mengandung nanah di ujungnya.
  • Nodul, ia berukuran lebih besar, padat, nyeri terasa hingga ke kulit bagian dalam, ini disebabkan sumbatannya jauh hingga ke dalam.
  • Kista, bersifat nyeri, tonjolannya mengandung nanah. Terkadang terasa seperti mendidih / panas pada area yang ber-kista. Kista dapat menghasilkan jaringan parut (Scar).

TERAPI

Saat ini, banyak terapi yang efektif untuk mengatasi problem Acne tetapi bukan berarti ini dapat menyelesaikan setiap Acne. Namun ya, dengan terapi Acne dapat dikendalikan.

Bila tipe Acne anda tanpa disertai dengan peradangan maka anda dapat mencoba produk-produk untuk Acne yang banyak dijual bebas. Produk yang mengandung Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid biasanya cukup baik untuk mengatasi Acne anda. Perawatan Acne tidak dapat tuntas dalam semalam. Jadi sedikitlah bersabar.

Bila tipe Acne anda sudah termasuk golongan yang kedua (disertai peradangan) maka ini menandakan bahwa anda sudah saatnya menemui dokter. Dokter akan memberi resep juga rencana perawatan bagi kulit anda.

Salah satu metode perawatan termudah dan tanpa nyeri adalah dengan mengikuti Terapi Oksigen Hiperbarik di Hyperbaric Center yang ada di rumah sakit terdekat anda, tentunya berbarengan dengan pelaksanaan rencana perawatan kulit anda. TOHB akan membanjiri tubuh anda, juga wajah anda tentunya, dengan oksigen murni (100%). Bakteri yang menyebabkan peradangan pada Acne merupakan bakteri yang tidak dapat hidup dalam suasana kadar Oksigen yang tinggi dengan demikian pada saat tubuh anda berlimpah oksigen akan menjadikan lingkungn hidup bakteri tersebut mematikan baginya. Selain itu oksigen murni yang diberikan dalam ruangan bertekanan tinggi juga dapat merangsang produksi kolagen di tubuh anda dengan demikian proses pemulihan akan semakin dipercepat. Hasil akhirnya tentu kulit yang bersih dan halus.

Pastikan untuk meminta dokter Anda merujuk ke klinik hiperbarik, jika itu bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Terapi oksigen hiperbarik, memberi harapan hidup, meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

SUMBER:

  1. http://www.aad.org/dermatology-a-to-z/diseases-and-treatments/a—d/acne
  2. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/basics/symptoms/con-20020580
  3. http://thescienceofacne.com/what-is-propionobacterium-acnes/